Informasi Publik
Regulasi
Whistleblowing System
Helpdesk Keuangan
SIPS Bawaslu
SAKIP Bawaslu
Sipeka Bawaslu
SIPP Bawaslu
Simpeg Bawaslu
08 Jul 2024 15:48 WIB

Bawaslu Provinsi Lampung Tekankan Langkah Antisipatif Hadapi Pemilihan Serentak 2024 Di Kota Metro

Ditulis oleh ADMIN LAMPUNG

Bawaslu Provinsi Lampung Tekankan Langkah Antisipatif Hadapi Pemilihan Serentak 2024 Di Kota Metro

Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Tamri beri arahan kepada Bawaslu Kota Metro terkait antisipatif dalam menghadapi pemilihan serentak tahun 2024 dengan menyusun langkah-langkah strategis, Senin (08/07).

Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Tamri mengingatkan jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro untuk mengambil langkah antisipatif dalam menghadapi pemilihan serentak tahun 2024 dengan menyusun langkah-langkah strategis sebagai bentuk antisipasi terhadap penanganan pelanggaran. Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses pemilihan berlangsung dengan tertib, adil, dan bebas dari gangguan yang dapat mengancam integritas demokrasi khususnya di Kota Metro, Senin (08/07).

“Perkuat pemahaman peraturan perundang-undangan terkait penanganan pelanggaran, sistem pelaporan dan juga pahami pedoman pearturan perundang-undangan pengawasan pemilihan supaya setiap dugaan pelanggaran yang terjadi selama proses pemilihan dapat secara efektif dan efisien ditangani,” ujarnya.

Lebih lanjut Tamri menjelaskan bahwa dibutuhkan strategi dan taktik penanganan pelanggaran untuk menanggapi berbagai potensi tantangan. “Laporan dugaan pelanggaran nantinya masuk melalui pintu pencegahan, setelah diproses maka jika memenuhi syarat materil dan formil maka diteruskan ke penanganan pelanggaran untuk diproses lebih lanjut,” jelasnya.

Ia menghimbau agar Bawaslu Kota Metro menyiapkan angkah-langkah konkret antara lain adalah meningkatkan kapasitas jajaran pengawas pemilihan melalui diskusi, rapat dalam kantor atau pun supervisi tentang tata cara penanganan pelanggarandugaan yang efektif. Selain itu juga Bawaslu dapat mengadakan simulasi untuk mempersiapkan tim dalam menangani situasi darurat dan mengambil tindakan preventif terhadap masalah-masalah dugaan penanganan pelanggaran pemilihan.

Selanjutnya Ketua Bawaslu Kota Metro, Badawi Idham mengungkapkan bahwa kerawanan pelanggaran pemilihan serentak 2024 nantinya itu tidak hanya pada tataran pelanggaran administrasi saja namun juga bisa masuk kategori pidana pemilihan, apalagi Kota Metro untuk dugaan pelanggaran pidana politik uang cukup tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Maria Kristina selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran juga menjelaskan bahwa akan mengadakan rapat dengan Sentra Gakkumdu dalam rangka persiapan dan kesiapan penanganan pelanggaran pidana pada Pemilihan Serentak Tahun 2024, jadi harapannya adalah kesamaan persepsi ketika nanti menangani dugaan pelanggaran pidana pemilihan

Dan tambahan dari Kordinator Divisi Hukum, Pencegahan , Parmas dan Humas Hendro Edi Saputro mengedepankan fungsi pencegahan adalah bagian dari upaya Bawaslu Kota Metro meminimalisir dugaan pelanggaran pemilu.

Editor : Aris Munandar
Foto : Humas Bawaslu Kota Metro

Bagikan di:
MEDIA SOSIAL BAWASLU PROVINSI LAMPUNG

FACEBOOK

TWITTER

YOUTUBE

TAUTAN

Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Lampung
Jl. Pulau Morotai No. 89, Way Halim – Bandar Lampung
Survey Layanan
Klik Disini

Hak Cipta © 2023 - PUSDATIN BAWASLU RI. All Rights Reserved.