Informasi Publik
Regulasi
Whistleblowing System
Helpdesk Keuangan
SIPS Bawaslu
SAKIP Bawaslu
Sipeka Bawaslu
SIPP Bawaslu
Simpeg Bawaslu
08 Jul 2024 16:14 WIB

Bawaslu Lampung Tekankan Pentingnya Integritas Dan Profesionalitas Penyelenggara Pemilu

Ditulis oleh ADMIN LAMPUNG

Bawaslu Lampung Tekankan Pentingnya Integritas Dan Profesionalitas Penyelenggara Pemilu

Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Imam Bukhori memberi arahan pada pada kegiatan Fasilitasi Pembinaan Dan Penguatan Kapasitas Panwaslu Se-Kabupaten Mesuji Pada Pemilihan Serentan Tahun 2024 yang di selenggarakan Bawaslu Mesuji, Senin (8/7).

Anggota Bawaslu Provinsi Lampung Imam Bukhori menyebutkan Visi Bawaslu menjadi lembaga pemilu yang terpercaya, jika tidak dipercaya oleh masyarakat maka hasil-hasil pemilu dan pemilihan juga tidak dipercaya. Menurutnya dalam perjalanan menuju kepercayaan tersebut maka harus melakukan penguatan kelembagaan, meningkatkan kapasitas, dan paham tugas dalam pengawasan, pencegahan dan penindakan, dan harus banyak belajar dan diskusi bersama, sehingga masyarakat percaya kepada Bawaslu dalam pengawasan sesuai dengan aturan yang ada.

“Integritas merujuk pada sesuatu yang tidak dapat disuap atau kepatuhan yang kukuh pada pedoman nilai dan moral,” jelas Imam Bukhori saat memberi arahan pada pada kegiatan Fasilitasi Pembinaan Dan Penguatan Kapasitas Panwaslu Se-Kabupaten Mesuji Pada Pemilihan Serentan Tahun 2024 yang di selenggarakan Bawaslu Mesuji, Senin (8/7).

Ia menekankan bahwa integritas merupakan kunci utama dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap Bawaslu dan hasil-hasil pemilu.

Lebih lanjut, Imam Bukhori mengungkapkan bahwa penyelenggara pemilu harus bebas dari pengaruh pihak manapun dan bekerja secara objektif, transparan, dan akuntabel. Integritas dan profesionalitas penyelenggara pemilu juga sangat ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku yang dihasilkan oleh lembaga legislasi.

“Penyelenggaraan pemilu dilaksanakan sebagai sarana kedaulatan rakyat, dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujar Imam Bukhori.

Ia berharap dengan penguatan kapasitas dan pemahaman tugas Panwaslu dalam pengawasan, pencegahan, dan penindakan, serta komitmen terhadap integritas dan profesionalitas, Bawaslu dapat mewujudkan pilkada yang berkualitas dan berintegritas.

Editor : Aris Munandar
Foto : Humas Bawaslu Kabupaten Mesuji

Bagikan di:
MEDIA SOSIAL BAWASLU PROVINSI LAMPUNG

FACEBOOK

TWITTER

YOUTUBE

TAUTAN

Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Lampung
Jl. Pulau Morotai No. 89, Way Halim – Bandar Lampung
Survey Layanan
Klik Disini

Hak Cipta © 2023 - PUSDATIN BAWASLU RI. All Rights Reserved.