Informasi Publik
Regulasi
Whistleblowing System
Helpdesk Keuangan
SIPS Bawaslu
SAKIP Bawaslu
Sipeka Bawaslu
SIPP Bawaslu
Simpeg Bawaslu
09 May 2024 22:17 WIB

Bawaslu Lampung Hadiri Sosialisasi Grand Desain Kurikulum Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu

Ditulis oleh ADMIN LAMPUNG

Bawaslu Lampung Hadiri Sosialisasi Grand Desain Kurikulum Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu

Dalam rangka melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban pengawas Pemilu dalam menciptakan pemilu yang berintegritas di Indonesia, Bawaslu RI menyelenggarakan Grand Desain Kurikulum Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu, Bandung, Kamis (9/5).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua dan Anggota Bawaslu Lampung, Iskardo P. Panggar, Suheri, dan Imam Bukhori bersama Kabag Administrasi Dwi Hendro Nugroho beserta staf.

Menurut Ketua Bawaslu Lampung Iskardo mengungkapkan Sosialisasi Grand Desain Kurikulum program peningkatan kapasitas bagi pengawas pemilu. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi,profesionalisme, dan kepatuhan etika bagi para pengawas pemilu, yang memegang peran krusial dalam menjamin keberlangsungan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Melalui serangkaian pelatihan intensif dan pembekalan materi yang komprehensif, pengawas pemilu akan diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu, program ini juga akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang prinsip-prinsip demokrasi, hak asasi manusia, serta peraturan dan prosedur yang terkait dengan pemilu,” Jelas Iskardo.

Lebih lanjut, Koordinator Divisi Hukum dan Diklat Bawaslu Lampung Suheri menjelaskan urgensi pelatihan bagi Pengawas Pemilu lebih khususnya Pengawas Pemilu Ad Hoc bertujuan untuk Mengetahui apa yang belum diketahui, Mengembangkan apa yang sudah diketahui, Membagikan apa yang sudah diketahui untuk menjadi pengetahuan bersama, Mematuhi apa yang diketahui tapi belum dipatuhi.

Ditempat yang sama, Imam Bukhori menerangkan bahwa Grand Desain Kurikulum Peningkatan Kapasitas Pengawas Pemilu berorientasi pada desain tugas yang dimandatkan oleh undang-undang.

Ia berharap Grand Desain tersebut dapat meningkatkan kapasitas jajaran pengawas pemilu dan memperkuat kelembagaan Bawaslu.

“Kami berharap Grand Desain tersebut dapat mengembangkan lembaga kita, meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sekaligus sikap mental (pengawas pemilu) yang nantinya akan menunjang tugas-tugas pengawasan pemilu,” Pungkas Imam.

Bagikan di:
MEDIA SOSIAL BAWASLU PROVINSI LAMPUNG

FACEBOOK

TWITTER

YOUTUBE

TAUTAN

Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Lampung
Jl. Pulau Morotai No. 89, Way Halim – Bandar Lampung
Survey Layanan
Klik Disini

Hak Cipta © 2023 - PUSDATIN BAWASLU RI. All Rights Reserved.